Jumat, 21 Desember 2007

Iklan Dalam Sebuah Buku

Ingat film James Bond yang dibintangi oleh Pierce Brosnan yang rata-rata dipenuhi oleh iklan dari sponsor. Mulai dari jam tangan yang dipakai oleh Mr Bond hingga hotel, restoran, pesawat dan mobil yang digunakannya dalam beraksi membrantas musuhnya.

Iklan dalam sebuah buku masih jarang bisa ditemui, entah mungkin ada peraturannya atau memang dunia buku tidak memerlukan iklan?

Saya melihat ada buku terbit berjudul The Starbuck Experience penulisnya Joseph Michelli, jika membaca bukunya jelas buku ini sebuah iklan untuk Starbuck. Namun buku ini dikemas sebagai buku yang berbasis ilmu ekonomi atau lebih tepat kisah sukses sebuah bisnis perusahaan yang hampir bangkrut dan bangkit sukses.

Sponsor diperlukan oleh sebuah buku agar promosi buku bisa berjalan lancar. Kalau saya boleh berpendapat bahwa iklan didalam sebuah buku wajar saja asal tidak vulgar. Maksudnya tidak vulgar adalah iklan itu sesuai dengan jalan cerita dan isi dari buku.

Dalam beberapa buku fiksi terkadang ada muncul beberapa nama tempat restoran atau nama tempat tertentu. Penulisan yang wajar dalam sebuah kisah novel, dan pembaca juga tidak merasa hal tersebut sebagai sebuah iklan.

Jika penulis cerdik, seharusnya ia bisa mendapat kompensasi dari penulisan nama produk atau tempat. Ketika saya dan EO mencari sponsor untuk peluncuran buku pertama saya http://perkawinan-antarbangsa-loveshock.blogspot.com/ ada beberapa CEO yang menyebutkan jika nama company mereka ditulis dalam buku maka mereka bersedia menjadi sponsor.

Perlu atau tidaknya sponsor bagi seorang penulis memang belum lazim di Indonesia, sebab promosi buku pada umumnya tanggungjawab penerbit. Karena ada sebagian penerbit yang tidak memberi dukungan promosi buku, mak amau tidak mau penulis harus giat dan rajin mempromosikan bukunya sendiri.

Saya sendiri, sudah mendapatkan tempat untuk launching buku kedua di Mal Ciputra Jakarta untuk tahun 2008 ini. Win-win solution mengapa tidak? Mal Ciputra Jakarta muncul di buku saya dan saya mendapat tempat gratis promosi buku. Penerbit juga otomatis mendapat keuntungan dari langkah saya ini.

Siapa yang mau mencoba mencari sponsor untuk promosi bukunya?

Tidak ada komentar: