Jumat, 11 Januari 2008

Chess and Soccer

Saya pernah menulis artikel sebelumnya tentang olah raga yang paling saya suka adalah permainan catur. Sedangkan di artikel lain, saya menulis tentang olah raga yang paling suka saya tonton adalah sepak bola. Sebab sepakbola permainan paling sportif, dituntut kerjasama dan kejujuran serta team work yang kuat.

Apa sih hubungannya Catur and Sepakbola?

Saya perhatikan dan amati bahwa motivator dunia yang beken, mulai dari Jim Rohn, Jack Canfield, James Ray, Mike Brescia, Ron White, Denis Waitley, Zig Ziglar dll selalu menampilkan iklan diwebsite masing-masing. Iklannya bukan hanya di websitenya tetapi juga di newsletter.

Apa yang diiklankan para motivator beken itu?
Iklan oleh motivator beken itu tidak lain adalah promosi buku hasil tulisan motivator lainnya. Ada istilah WinningCombo; dua motivator yang saling membantu satu sama lainnya. Bahkan saya melihat semua motivator diatas membentuk networking dan bersatu, hampir say atidak melihat adanya persaingan antara mereka.

Bahkan Jenffrey Gitomer yang ahli sales pun memasang iklan bukunya Ron White dll.
Kesuksesan dan kejayaan serta kebahagiaan mereka rahasianya sama dengan konsep bermain sepak bola.

Sedangkan di Indonesia, saya belum melihat adanya kerjasama yang erat antara sesama motivator. Coba lihat website Andrie Wongso, Tungsem, Adi W Gunawan, atau lainnya, belum ada satupun yang menampilkan atau menulis tentang keunggulan motivator lainnya. Semuanya lebih mengacu ke-akuannya; menulis tentang dirinya sendiri. Itulah mental catur, dalam permainan catur tidak ada team work, yang ada gimana bikin lawan mati; skak mat!


Saya senang sekali ketika Jonru, tentor dari Belajarmenulis.com mengumumkan agar memasang link bannernya di blog masing-masing dengan iming-iming hadiah. Jonru ternyata lebih sportif dan menerapkan iklan personal brandnya lebih sportif.

Tadi pagi saya bincang-bincang dengan Bung Faif Yusuf sedikit tentang cara-cara mempromosikan buku. Jika saja semua penulis bermental sepak bola maka semua buku kita akan bestseller. Laris boo!

2 komentar:

Eko N. Sudjarwo mengatakan...

Mmm, bagus nih bahasannya. Bahasanya juga enak dibaca, mengalir bagaikan air. Sukses deh...

Ecko

WURYANANO mengatakan...

Wah, sudah muncul lagi nih, satu Motivator dari kaum Wanita.

Selamat atas Buku nya ya. Semoga jadi bestselling book!

Salam,
Wuryanano