Senin, 07 Januari 2008

Makna Tahun Baru 1429 H

Dalam sebuah milis agama yang saya ikuti, saya menulis di milis tersebut bahwa saya mencari bantuan untuk menjawab pertanyaan putri cilik saya tentang makna gerakan Solat.

Sifat kritis anak usia jelang 10 tahun. Saya jelaskan bahwa perintah Solat datang dari Allah SWT kepada Rasullah SAW ketika menjalani Isra Mi’raj. Gerakan Solat sudah ditetapkan dan setiap perintah Allah SWT kepada ciptaannya adalah untuk kebaikan hambanya. Gerakan solat seperti yang dilakukan oleh Rasullah SAW dan diperintahkan kepada kita semua memberi manfaat dan kebaikan bagi jasmani dan rohani manusia yang melakukannya.

Saya menerima 3 jawaban dari anggota milis tersebut, bahwa saya disarankan agar melakukan hijrah atau pindah dari negara dimana saya bertempat tinggal. Jawaban yang sangat baik dan memberi jalan keluar bagi setiap persoalan yang berkaitan dengan pendidikan agama bagi anak-anak saya. Namun bagi kami sekeluarga hijrah saat ini bagaikan sebuah kotak Pandora.

Alhamdulillah hari ini saya mendapat jawaban dari DR Jamal Badawi(jamalbadawi@hotmail.com). Ppendapat pribadi saya sebelumnya bahwa dimanapun kita tinggal di bumi ini, maka tanah yang kita pijak adalah bumi Allah SWT.

Kami sekeluarga memang tinggal di negara non muslim dimana anak-anak tidak mendapat pendidikan agama Islam dengan mudah seperti di Indonesia yang mayoritas muslim. Lokasi kami tinggal jauh dari kota Athena; tempat terdapatnya Islamic Centre dan Pusat Kebudayaan Arab.

Pendapat DR Jamal Badawi anggota European Council for Fatwa and Research:

1. Jika seorang muslim tidak dapat melakukan ibadah dasar seperti solat, puasa, zakat dan berhaji (Pillars of Islam), maka wajib ia harsu pindah ke tempat yang bebas ia melakukan ibadahnya. Negara kami tinggal adalah anggota Uni Eropa dan sudah meratifikasi kebebasan beribadah sesuai perintah agama bagi penduduknya.

2. Jika seseorang merasa anak-anaknya akan kehilangan arah dan terancam imannya, salah satu cara untuk menyelamatkannya adalah harus pindah. Tetapi bisa juga tidak pindah, jika anak diberikan pelajaran agama di rumah, di Islamic center dan berhubungan serta berkomunikasi dengan komunitas muslim yang ada. 3. Jika semua muslim seharusnya pindah ke negara muslim, bagaimana dengan orang-orang yang yang menerima Islam sebagai agamanya harus meninggalkan negara kelahirannya, mau kemana mereka perginya?

4. We should remember that there is hardly any place in the Muslim world where Muslims can practice their faith fully and completely including not only acts of worship, but also a truly Islamic and consultative system of government.

5. Therefore, each person should evaluate their own situation and avoid sweeping generalization about the desirability of continuing their lives where they are presently citizens or to consider other options.

6. After all, the active Muslim presence in non-Muslim societies is a great means of conveying the message of Allah and exemplifying it to their fellow citizens.
What about leaving one’s country and living in a non-Muslim country because the regime in one’s country is not that good?
Islam is for all people and for all times and where they are. All earth is the land of Allah. A Muslim is supposed to try all his or her best to conduct an Islamic life wherever he is.

3 komentar:

za mengatakan...

Terimakasih Mbak Tati untuk ceritanya.

Aku belum tahu rasanya hidup di LN. Sampai saat ini hanya jadi pengamat.

Dengan buku yang Mbak Tati kasih, aku bisa dapat gambaran yang lebih baik tentang kehidupan di LN, karena diceritakan oleh orang Indonesia.

abuyahya mengatakan...

Salut mBak, bisa nulis pertama kali langsung melejit ... selamat juga mau ikutan milis As Sunnah. Selamat berjuang di negeri orang, semoga selamat sampai akhirat.

Btw. Kalau saya ingin kontak langsung ke DR. Jamal Ahmad Badawi lewat email yang mBak tulis, kira-kira boleh nggak, ya?

sukma mengatakan...

thank you so much for this article, I live outside of indonesia too, and still have some problem in communicating. It is really hard to explain everything about islam, sometimes it makes me feel down

But this article really boost up my energy, hope I can so much more and try more and more harder

本当にありがとうございました。