Rabu, 13 Februari 2008

Cara berhenti Merokok dan Minum tanpa biaya

Cara berhenti Minum dan Merokok tanpa biaya
Hasil riset bulan Maret 2007, Yunani merupakan negara konsumsi rokok terbesar di benua Eropa. Hasil survey ini enggak bikin kaget saya, sebab perilaku merokok sudah jadi budaya di Yunani. Bayangkan saja anak remaja putri atau ABG cewek sudah berani merokok tanpa malu, rasa malu memang kurang di Yunani sebab kontrol sosial kurang terhadap perilaku rokok. Di Indonesia jarang melihat wanita merokok, sebab perempuan merokok konotasinya jadi wanita atau perempuan “ enggak bener”, hanya sayang di bagian putra atau pria Indonesia budaya rokok masih memprihatinkan, bahkan semakin banyak anak ABG yang laki – laki mulai merokok. Padahal merokok itu perilaku “bego” bener–bener udah enggak mode lagi kalau pria merokok itu “macho” justru wanita sekarang cari pria yang bersih dan sehat.
Tahunan kita dicuci otak atau salah arah oleh kampanye industri obat–obatan, oleh dokter, ahli terapis dan ahli farmasi. Bahwa menurut mereka jika seseorang kecanduan terhadap narkoba, alkohol, obat–obatan terlarang dan rokok harus diobati dengan obat juga ataupun ditoksikasi. Mereka mengklaim bahwa masalah berhenti merokok adalah masalah kecanduan nikotin. Mereka akan mengatakan bahwa dalam beberapa bulan anda akan merasa sakit kepala, mual, stress karena kekurangan nikotin. Cerita ini sudah basi, jangan percaya sama omongan mereka.
Anda dapat membaca artikel ini mengenai bagaimana cara berhenti merokok dan anda dapat melawan “kecanduan nikotin”.
Dua pertanyaan yang harus anda tanya pada diri sendiri:
1. Kenapa anda merokok? Karena nikotin!
2. Kenapa anda sulit untuk berhenti merokok? Karena mental ketagihan. Sejujurnya rokok adalah teman terdekat anda, teman setia!
Itulah masalahnya!
Untuk berhenti merokok duduk dan dengarkan, atau anda belum pernah tahu dan dengar sebelumnya? Baca artikel ini, jangan minum sembarang obat, tempelan di badan, permen karet nikotin ( nikorette) atau terapi laser!

Sebelum baca artikel di bawah ini coba pikirkan; berapa banyak uang yang habis buat beli rokok?
Berapa banyak uang yang akan habis untuk membeli rokok lagi?

Coba lihat: contoh harga sebungkus rokok Rp 4700
Bks/hari Rp/hari Rp/minggu Rp/bulan Rp/tahun Rp setelah 10 tahun
1 4.700 32.900 141.470 1,710.000 17,108.000
1.5 7500 49.350 212.210 2,566.000 25,662.000
2 9400 65.800 282.940 3,421.000 34,216.000
2.5 11.750 82.250 353.680 4,277.000 42,770.000
3 14.100 98.700 424.410 5,132.000 51,324.000
Berapa lama anda ingin hidup di dunia?
Anda dapat mulai menghitung, walau rokok ada dimulut, dan lupa berapa banyak uang yang terbuang atau penyakit yang akan anda derita akibat rokok, belum lagi baju dan ruangan anda yang berbau tidak sedap akibat rokok. Itulah sebabnya dalam agama Islam merokok itu oleh sebagian ulama disebut makruh atau bahkan ada yang mengharamkan rokok. Bukan agama Islam saja agama lainnya juga berpendapat sesuatu yang mengakibatkan kerusakan atau bahaya sifatnya harus dihindari.

Kenyataan bahwa anda harus berhenti merokok dengan mudah sebab merokok bukan kesenangan alami. Tubuh anda menolak rokok; anda berdahak, anda batuk, dll. Tubuh anda sendiri mengatakan rokok itu benda buruk! Bagaimanapun, anda akan mengatakan “ saya menikmati rokok” atau “ enak merokok setelah makan”, tetapi hal ini akibat dari industri rokok yang membuat anda percaya merokok adalah alamiah dan sesuatu yang menyenangkan.

Anda harus belajar mengatakan “ saya benar–benar tidak mau merokok”, anda tahu paru – paru kita penuh dengan udara bersih, berton energi, bukan nafas yang pendek, gigi putih bersih, peningkatan kebersihan mental, ketajaman rasa menikmati makanan , dan peningkatan rasa percaya diri setelah menang melawan kecanduan nikotin.


Hanya otak pikiran anda yang dapat menyakinkan tubuh anda ketika mulai merokok, anda merasa jagoan, merasa enak dll, dan hanya otak pikiran anda yang dapat meyakinkan tubuh anda bahwa anda harus berhenti merokok.

Inilah cara CORE yang saya tulis dalam naskah buku kedua saya yang berjudul “ ALKOHOL dan bagaimana cara mengatasi kecanduan minum”.


Beberapa orang mengetahui bahwa mereka mempunyai masalah kecanduan minum alkohol , tetapi mereka tidak tertatrik untuk pergi ke pusat rehabilitasi atau ke pertemuan alkohol anonimus (AA).
Di bawah ini mengetengahkan langkah–langkah mudah atau cara gampang yang dapat membantu anda mengatasi kecanduan alkohol:


1. Sadari kenapa anda minum alkohol. Di dalam kelompok Alkohol Anonimus (AA), alkoholik disebut penyakit yang hanya oleh kekuasaan yang diatas (Tuhan YME) dapat membantu menyembuhkannya. Tetapi diluar kelompok AA ada cara dan pendapat lain mengenai masalah ketergantungan alkohol. Salah satu cara yang terbaik adalah melihat maslaha minum sebagai gambaran yang berkaitan dengan hal ketahanan insting. Para ilmuwan telah lama menemukan bahwa otak manusia dibagi atas dua golongan dasar, yang disebut otak manusia “neocortex” bagian sadar otak yang sangat kompleks (otak anda) dan “midbrain”otak bawah sadar yang berfungsi untuk pertahanan hidup, otak ini berhubungan dengan ; bernafas, nafsu makan, sex dll. Selanjutnya “midbrain’ dalam artikel ini disebut otak hewan atau otak alkohol atau otak rokok. Otak hewan hanya berhubungan dengan masalah ketahanan hidup, ketika anda secara kimiawi tergantung pada alkohol, otak ini berkerja secara salah berpikir bahwa anda butuh alkohol untuk bertahan hidup. Karena itu anda bisa sebut otak hewan itu sebagai “ otak alkohol”." Jika anda tidak mengerti bagaimana otak alkohol itu bekerja , maka otak manusia ( anda) mudah dikelabui untuk minum alkohol. Bagaimanapun, sekali anda mengerti kenapa anda minum, maka mulailah beraksi dengan proses CORE; Commit, Objectify, Respond, Enjoy. Proses sederhana ini dapat membantu anda menjauh dari alkohol selamanya.
2. Commit
Lakukanlah pada diri anda untuk hidup tanpa alkohol selamanya. Anda tidak butuh alkohol untuk bertahan hidup. Otak manusia lebih cerdas dari otak alkohol yang tidak mengerti bahwa kamu dapat hidup tanpa alkohol. Anda dapat mengelabui otak alkohol dengan belajar berpikir bahwa otak alkhol adalah sesuatu diluar diri anda . Cara ini, ketika otak itu meminta alkohol, anda dapat katakan padanya “tidak akan”. “ketika anda berpikir hal ini, anda akan mendengar otak alkohol menolak dan memohon pada anda “ jangan bilang tidak akan pernah lagi minum”. Otak alkohol ini tidak mau anda berhenti minum, karena otak itu berpikir anda akan mati tanpa alkohol. Tetapi anda lebih cerdas dari otak alkohol itu, dan anda tahu bahwa anda harus berhenti minum. Buat rencana untuk berhenti selamanya. Ketika anda siap, katakan pada diri anda " aku tidak akan minum lagi”." Bersiaplah unutk merasakan sesuatu; bahwa anda takut, panik, marah, depresi atau merasa tidak nyaman, hal ini akibat otak alkohol bekerja pada diri anda.

3. Objectify.
Jadikan otak alkohol anda sebagai objek. Berpikirlah bahwa otak itu bukan bagian dari diri anda, dan belajar mendengarkannya berbicara pada anda. Otak alkohol itu akan berusaha agar anda kembali minum, karena otak itu bekerja secara salah percaya bahwa anda butuh minum alkohol unutk bertahan hidup. Jika anda merasa nyaman , maka otak itu akan berkata pada anda unutk minum agar anda merasa lebih baik dan akan nyaman. Jika anda merasa senang, otak alkohol itu akan mengatakan anda harus minum ke pesta atau merayakannya. Pada kenyataannya, otak itu akan berusaha dalam semua kesempatan untuk baik itu buruk atau baik dalam kehidupan anda sebagai usaha agar anda kembali minum. Kapanpun anda berpikir atau merasa mau minum alkohol, maka sadarilah bahwa otak hewan atau otak alkohol yang mencoba mengelabui anda lagi. Jadikan otak tersebut sebagai benda dengan mengatakan “ dia mau minum” dari pada “ aku mau minum”. Ketika anda menjadikan otak alkohol sebagai benda, anda akan menyadari bahwa dia tidak punya kekuatan untuk mengalahkan anda. Anda yang mengendalikan diri anda sendiri, otak alkohol adalah orang lain.. Segala macam cara otak alkohol akan berusaha mengelabui anda agar minum dan anda dapat mengelabui otak itu juga setiap waktu. Otak manusia lebih cerdas dari otak hewan.
4. Respond.
Jawablah “tidak” setiap kali otak alkohol meminta anda untuk minum. Hal ini akan membuat otak alkohol akan mundur to back down, karena otak alkohol itu mengenali bahwa bukan dia lagi yang mengendalikan dan tidak akan ada jalan baginya untuk memaksa anda unutk menuang alkohol ke tenggorokan anda. Otak alkohol pada awalnya akan kembali mencoba mengelabui anda dengan berbagai macam yang berbeda agar anda minum kembali, tetapi sekarang anda mempunyai informasi ini , anda akan tahu apa yang akan dimunculkan oleh otak alkohol untuk mempengaruhi anda setiap saat. Ingatlah setiap pikiran atau perasaan ingin minum mucul setiap saat itu adalah akibat berkejanya otak alkohol. Ketika anda mengenalinya, katakan saja “ Aku tidak akan minum” dan lanjutkan dengan perkerjaan apapun yang bisa anda lakukan. Jangan berdebat dengan otak alkohol, katakan saja bahwa anda tidak akan minum lagi. Otak alkohol biasanya akan kehilangan keberanian sejalan dengan berlalunya waktu, dan akan berkurang mengganggu anda. Tidak begitu lama, anda akan ahli dalam hal mengendalikan otak alkohol dan dengan mudah anda akan hidup sadar dan normal tanpa mabuk.
5. Enjoy
Nikmati kesembuhan anda dari ketergantungan alkohol. Jangan takut bahwa anda akan tergelincir atau kambuh lagi, karena ketakutan adalah bekerjanya otak alkohol, yang mencoba agar anda menyerah. Sekali anda belajar proses CORE , maka tidak mungkin anda akan kembali minum, karena setiap kali anda berpikir mau minum alkohol, anda akan melihat dan sadar bahwa pikiran itu berasal dari otak alkohol. Ingatlah, hanya otak alkohol anda yang ingin minum. Anda tidak mau minum, anda ingin berhenti minum. Anda lebih cerdas dari otak alkohol, dan sekarang anda tahu bagaimana cara mengalahkannya. Dalam waktu dekat, proses CORE menjadi otomatis, dan anda tidak perlu bekerja keras untuk tetap hidup tanpa alkohol. Anda mungkin akan merasa tidak nyaman, marah, sedih, atau depresi suatu saat, tetapi hal ini sudah lumrah. Jika otak alkohol mencoba menggunakan perasaan – perasaan ini untuk minum lagi, anda akan tahu semunya terserah anda, dan anda tahu bagaimana cara mengatasinya. Katakan saja “ saya tidak akan minum” dan lanjutkan kehidupan anda tanpa alkohol. Hidup tanpa alkohol menjadi hidup nikmat dan lebih baik.

• Proses Core dapat dilakukan juga pada masalah ketergantungan lain di luar alkohol. Teknik ini bisa digunakan untuk kecanduan rokok dan obat – obatan atau bahan berbahaya lainnya. Jika datang saatnya untuk berhenti, seluruh bahan ketergantungan akan bekerja dengan cara yang sama. Ganti saja kata alkohol atau hewan dengan kata yang berhubungan dengan bahan ketergantungan anda apapun jenisnya. Anda tidak harus menggunakan obat atau intoksinasi bahan melawan pikiran baik anda. Proses CORE sama dengan pendekatan yang dapat membantu anda belajar untuk mengambil kendali secara cepat dan mudah. Ketergantungan atau ketagihan adalah musuh yang kuat tetapi ilmu pengetahuan adalah kekuatan diri kita. Satu lagi yang terpenting yaitu kekuatan Yang Maha Kuasa, lakukan ibadah dekat dengan Tuhan setiap saat. © Hartati Nurwidjaya

Daftar Pustaka:
1. Eraly, Eric . The Easy to quit Smoking Method, e-book, 2007.
2. Wikipedia, How to quit alcohol, 2007.

Tidak ada komentar: